Minggu, 23 Januari 2011

Cara Menahan Emosi Dalam Bermusyawarah

Bagi sebagian orang musyawarah merupakan cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah, terutama untuk permasalahan yang menyangkut khalayak ramai dan penting bagi semua orang. Hal ini harus dilakukan karena apa bila permasalahan tersebut tidak segera diatasi maka di khawatirkan permasalahan tersebut akan menjadi lebih buruk dan akan merusak keadaan.
Namun kadang-kadang didalam melakukan musyawarah tidak lah selalu berjalan sesuai dengan keinginan, dan kadang-kadang tempat musyawarah yang tadinya merupakan tempat menyelesaikan masalah malahan menjadi tempat masalah baru, bahkan tidak sedikit tempat musyawarah malah menjadi ajang adu jotos antar sesama warga yang tidak sepihak atau tidak sependapat, nah berikut ini ada beberapa tips untuk menahan emosi didalam bermusyawarah :
1.Duduklah jika masih berdiri,
Karena posisi berdiri lebih berpotensi untuk memancing amarah seseorang apalagi ketika permasalahan yang sedang dihadapi oleh seseorang tersebut cukup berat, hal ini dapat mempercepat emosi seseorang itu meledak, maka dari itu apa bila sudah terasa berat untuk berdiri maka disarankan untuk duduk saja karena akan jauh lebih baik dari pada berdiri.
2.Carilah air minun
air minum terutama yang dingin-dingin sangat membantu dalam meredam amarah seseorang karena akan memberikan efek yang sangat baik dalam memberikan ketenangan bagi seseorang yang sedang emosi.
3.Wudhu ( Muslim ) / cuci muka
dengan adanya aliran air yang menyegarkan memungkinkan untuk lebih memberikan kesejukan baik jasmani maupun rohani bagi seseorang yang sedang emosi, sehingga emosi yang tadinya meledak-ledak akan sedikit lebih terkontrol.
4.Solat
Meminta petunjuk kepada sang pencipta akan lebih baik daripada bersitegang dan tidak menyelesaikan masalah sama sekali, karena segala kebaikan hanya ada pada sang pencipta alam semesta ini sehingga lebih baik solat dan berdoa memohon petunjuk dari-Nya.
5.Pulang kerumah dan langsung tidur.
ini merupakan solusi terakhir dan biasanya berhasil apabila dilakukan dengan sungguh sungguh tanpa melibatkan pihak ketiga ( anak dan istri ) karena di khawatirkan emosi yang tadinya masih ada malah meledak ke orang yang salah.

Nah itulah beberapa tips untuk menghidari ataupun meredam emosi ketika berada didalam sebuah majelis musyawarah, sehingga keputusan yang dihasilkanpun lebih berkualitas dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat didalamnya.
Amin,

1 komentar: