Senin, 10 Januari 2011

Sistem Pakar

Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan, yang mana sebuah sistem dibuat sedemikian rupa agar bisa menyamai suatu pakar tertentu. Hal ini mengakibatkan aplikasi tersebut menjadi seperti hidup dan mampu berkomunikasi dengan usernya ( Pengguna sistem pakar ).
Hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh sebuah sistem pakar tidaklah selalu benar, dan bahkan belum tentu kebenarannya karena sebuah sistem pakar itu sendiri memiliki tingkat derajat keyakinannya terhadap sebuah keputusan mengenai apa yang dianalisis oleh sistem pakar tersebut.
Meskipun tidak selalu benar dan kepastian terhadap masalah yang dianalisis tidaklah selalu tepat, tetapi sistem pakar bisa di jadikan sebagai alternatif lain untuk melakukan analisis secara mandiri.
Yang membedakan antara sistem pakar itu sendiri dengan pakarnya adalah sistem itu tidak bisa berkembang dengan sendirinya, dan sistem itu tidak bisa menganalisis suatu gejala berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang biasanya dilakukan oleh Seorang pakar yang sesungguhnya. Namun, terlepas dari hal itu sistem pakar memiliki tingkat keefektifan dan keefisienan yang lebih besar dari pada seorang pakar yang sesungguhnya. Bagaimana tidak, dengan menggunakan sistem pakar setidaknya seorang user bisa menghemat biaya dan waktu lebih dari 100% dengan kata lain luar biasa hemat, Namun perlu juga di garis bawahi bahwa sistem pakar itu tidaklah lebih pintar dari pada pakar yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar