Rabu, 12 Januari 2011

Pandangan Terhadap Sistem Pakar

Menurut saya system pakar merupakan suatu aplikasi yang termasuk kedalam ruang lingkup kecerdasan buatan dan memiliki basis pengetahuan yang disusun berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh seorang atau beberapa pakar tertentu sehingga system tersebut seolah-olah menyerupai pakar tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari system pakar sangatlah membantu, karena selain meningkatkan nilai efisiensi system pakar juga dinilai lebih efektif karena lebih mudah dan praktis, namun kendala yang dihadapi dilapangan tidaklah selalu sama dengan apa yang sebelumnya direncanakan sehingga system pakar itu sendiri memiliki sesuatu yang disebut dengan derajat atau nilai kepastian terhadap sebuah keputusan yang dihasilkannya.
System pakar itu sendiri dibuat dengan tujuan tertentu dan pastinya tujuan tersebut bersifat untuk membantu para pakar dalam mennyelesaikan suatu masalah ataupun bisa untuk digunakan sebagai referensi bagi penelitian yang akan dilakukan berikutnya.
Berikut adalah karakteristik yang harus dimiliki oleh sebuah system pakar :
1. High Performance
Yaitu system tersebut harus memiliki kemampuan dalam menyimpulkan masalah lebih cepat dan efektif, walaupun kenyataannya keputusan tersebut tidaklah 100% benar.
2. Adequate response time
3. Good reliability
4. Understandable
5. Flexible
Kelima karakteristik diatas sangatlah penting dan biasanya dijadikan sebagai acuan utama dalam membangun sebuah system pakar, sehingga tingkat kesalahan yang dimiliki oleh suatu system pakar tersebut lebih kecil.
Selain memiliki ke lima karakteristik tersebut, suatu system pakar memiliki beberapa elemen penting yang berfungsi untuk mendukung kinerja dari system pakar itu sendiri. Yaitu :
1. User Interface komunikasi antara user & SP Explanation Facility pemberian alasan pd user
2. Working Memori
3. Inference Engine
4. penentuan aturan yg hrs dipenuhi, prioritas aturan yg tercukupi, & prioritas yg tertinggi
5. Agenda daftar yg diprioritaskan dari aturan (4)
6. Fasilitas Pemrolehan Pengetahuan cara otomatis bagi pemakai untuk memasukkan pengetahuan dlm sistem.

Apabila system pakar tersebut sudah memenuhi kelima karakteristik dan ke enam elemen penting yang harus ada di dalam system pakar maka system tersebut bisa di katakan sebagai system yang memiliki tingak kepakaran yang cukup tinggi (pakar).
Namun, mengesampingkan berbagai penjelasan diatas ada beberapa hal yang membedakan suatu system pakar dengan seorang pakar yang asli. Yaitu bahwa sebuah system pakar tidak bisa berkembang secara mandiri, melainkan harus dikembangkan oleh seorang programmer yang mengimplementasikannya kedalam tampilan interface yang lebih mudah dimengerti oleh usernya dengan kata lain, sifat pengetahuan yang dimiliki oleh system pakar tersebut adalah tetap. Hal ini sangat berbeda dari apa yang dimiliki oleh seorang pakar yang sebenarnya, karena seorang pakar itu memiliki pengetahuan yang tidak tetap dan selalu berkembang sesuai dengan kemajuan yang ada di sekelilingnya. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa system pakar tersebut tidaklah lebih cerdar bila dibandingkan dengan seorang pakar yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar